Perhimpunan Agronom Indonesia Kukuh kan Komisariat Kalteng | Liputan 24 Kalimantan Tengah
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Perhimpunan Agronom Indonesia Kukuh kan Komisariat Kalteng

Posted by On 10:08 PM

Perhimpunan Agronom Indonesia Kukuh kan Komisariat Kalteng

HOME PERISTIWA BISNIS Perhimpunan Agronom Indonesia Kukuh kan Komisariat Kalteng Kontributor Elvi R
20 Juli 2018, 20:10 WIB Perhimpunan Agronom Indonesia Kukuh kan Komisariat Kalteng FOTO: Humas Balitbangtan

RILIS.ID, JakartaĆ¢€" Pengukuhan Komisariat Daerah Perhimpunan Agronomi Indonesia (Komda PERAGI) Kalimantan Tengah dilakukan pada 19 Juli 2018 di Palangkaraya, Kalimantan Tengah oleh Ketua Umum PERAGI Pusat, Dr. Andi Muhammad Syakir yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian. Kegiatan pengukuhan tersebut dirangkaikan dengan Bimtek Penyuluhan dan Sinkronisasi Hasil Penelitian dan Pengkajian dengan Programa Penyuluhan mendukung UPSUS Padi,Jagung dan Kedelai Kalteng, sekaligus sebagai wujud nyata upaya PERAGI untuk senantiasa bersinergi dengan lintas lembaga dan stakeholders dalam mempercepat hilirisasi hasil penelitian dan pengembangan pertanian agar dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat.

Hadir dalam pengukuhan di antaranya Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Kalimantan Tengah, Danrem 102 Panju Panjung Kalimantan Ten gah, Bapak Walikota Palangka Raya, Kepala Dinas Provinsi Kalimantan Tengah, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Kalimantan Tengah, 11. Kepala Dinas Pertanian kabupaten/Kota se Kalimantan Tengah.
Sejak 1977, penggiat agronomi nasional berkumpul dengan hasil sebuah gagasan dan pernyataan bersama untuk membentuk wadah yang dapat menghimpun seluruh masyarakat agronomi Indonesia yang merupakan cikal bakal dan sekaligus berdirinya secara resmi Perhimpunan Agronomi Indonesia yang disingkat PERAGI.
Guna memantapkan gerak langkah PERAGI dalam mengambil peran dalam menyelesaikan permasalahan pertanian nasional, PERAGI memompa semangat anggotanya di seluruh provinsi melalui pembentukan Komisi Daerah (KOMDA). Pada kepengurusan PERAGI periode 2016-2019 sampai saat ini, telah dikukuhkan sebanyak 18 Komisariat Daerah (Komda) yaitu: Kalimantan Selatan, Bengkulu, Maluku, Lampung, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Banten, Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Bar at, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur, Bali, Sumatera Utara, DI Yogyakarta, Jateng, dan NTT.
  • Varietas Unggul Balitbangtan Bikin Petani Bogor Semangat
  • BPTP Balitbangtan Bengkulu Display Inovasi Teknologi di PEDA KTNA XVI
  • Capai Nilai Tertinggi, Balitbangtan Raih Penghargaan Pengelolaan PHLN
Ketua Umum PERAGI memberi ucapan selamat kepada pengurus PERAGI Komda Kalimantan Tengah yang diketuai Bapak Dr. Mofiit Saptono Subagio, MP sebagai komda ke-19 yang dikukuhkan sejak Kongres PERAGI tahun 2016. Komda-Komda berikutnya akan ditindaklanjuti pengukuhannya sehingga secara nasional di setiap provinsi terbentuk dan berdiri Komda PERAGI. "PERAGI memiliki potensi besar memba ngun pertanian Indonesia menjadi agronom modern, meningkatkan produktivitas dan berdaya saing". Posisi strategis dan penting Indonesia sebagai negara agraris di masa mendatang akan menjadi pusat kebergantungan dunia terhadap kebutuhan produk pertanian terutama bahan pangan sebagai sumber kehidupan. Tantangan besar bagi KOMDA PERAGI Kalimantan Tengah adalah bagaimana memformulasikan kembali visi PERAGI dalam aksi nyata pada penyelesaian berbagai sumber permasalahan sektor pertanian khususnya, sesuai dengan komoditas dan lingkungan strategis yang senantiasa dinamis. Dengan demikian PERAGI secara utuh mampu tampil sebagai motor penggerak pertanian Indonesia di masa kini dan mendatang untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing. Setidaknya, program Komda PERAGI Kalimantan Tengah ke depan, diharapkan dapat diarahkan pada komoditas strategis potensial yang ada di Kalimantan Tengah. Beberapa komoditi unggulan dari sektor pertanian di Kalimantan Tengah selai n padi dan jagung, adalah komoditas perkebunan. Tercatat 14 jenis tanaman perkebunan yang dikembangkan di Kalimantan Tengah, dengan karet dan kelapa sebagai tanaman utama perkebunan rakyat (342.011 hektare per 50 persen, 68.938 hektare per 10,2 persen) dan kelapa sawit sebagai komoditi utama perkebunan besar yang dikelola oleh para pengusaha perkebunan baik sebagai Perkebunan Besar Swasta Nasional/Asing ataupun PIR-Bun KKPA (Kredit Koperasi Primer untuk Anggotanya). Ketersediaan serta pengembangan perkebunan yang direkomendasikan untuk dikembangkan seperti karet, kelapa, kelapa sawit, lada, kopi, cengkeh, kakao dan tebu diharapkan terjadi secara optimal. Untuk itu sangat dibutuhkan tenaga ahli termasuk para pakar agronomi serta investor dalam mengembangkan Kalimantan Tengah yang lebih sejahtera.
Ketua Umum dalam sambutannya juga mengharapkan Komda PERAGI Kalteng dapat berperan lebih intensif untuk pendampingannya bersinergi dengan BPTP Kalteng dan stakehoders terkait. Sudah menjadi keharusan mengemas percepatan pembangunan pertanian berbasis pada kearifan lingkungan dan sosial sehingga mampu mengangkat kesejahteraan petani dan menopang kehidupan masyarakat secara berkelanjutan. Semoga PERAGI mampu berkontribusi riil dalam mengoptimalkan sumber daya potensial di Provinsi Kalimantan Tengah khususnya dan di seluruh nusantara pada umumnya.

Sumber: Balitbangtan


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ? Suka 0% Sedih 0% Tidak suka 0% Tekejut 0% Bosen 0% Bingung 0% Marah 0% TOP 14 Opini Waspadai Statistik 'Hiburan' Kemiskinan Selasa, 2018/07/17 13.24 Terkini Daerah Diterpa Badai, Puluhan Rumah di Aceh Rusak Sabtu, 2018/07/21 12.00 Nasional KPK Geledah Ruang Kerja Kalapas Sukamiskin Sabtu, 2018/07/21 11.20 Nasional Obor Asian Games Menuju Gunung Bromo Sabtu, 2018/07/21 11.00 Daerah BMKG: Terjadi Enam Gempa Susulan di Mentawai Sabtu, 2018/07/21 10.45 Nasional Kalapas Sukamiskin Terjaring OTT KPK Sabtu, 2018/07/21 10.30 POPULER 1 Tak Perlu Diet, Ini Tandanya Berat Badan Anda Ideal 2 Zulkifli Ajak Jokowi-Prabowo Bahas Cawapres 3 Prabowo B ertemu Puan, Gerindra: Tak Akan Ada Calon Tunggal 4 Kasus Eni Saragih, Presdir PT Pembangkit Jawa-Bali Investasi Tu... 5 Gerindra Tegaskan Cawapres Prabowo Belum Dipilih tapi Anies Sal...
Sumber: Berita Kalimantan Tengah

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »