Peringatan Hujan Lokal, Berpotensi Petir dan Angin Kencang | Liputan 24 Kalimantan Tengah
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Peringatan Hujan Lokal, Berpotensi Petir dan Angin Kencang

Posted by On 12:57 AM

Peringatan Hujan Lokal, Berpotensi Petir dan Angin Kencang

  • VIVA â€" Dinamika cuaca lokal sangat memengerahui hujan yang turun di Jakarta sekitarnya dan wilayah lain di Indonesia, sejak malam hingga Senin siang, 25 Juni 2018. Meski masih memasuki musim kemarau, tetapi hujan dapat dimungkinkan terjadi, jika kondisi atmosfer terpenuhi antara lain oleh suplai uap air dan kelembapan udara yang relatif masih tinggi.

    Dari informasi peringatan dini cuaca yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), kondisi cuaca signifikan beberapa hari ini sangat dipengaruhi dinamika cuaca lokal. Selain itu, meningkatnya aktivitas cuaca juga didukung oleh indikasi aktifnya aliran massa udara basah atau lebih dikenal dengan fenomena skala regional Madden Julian Oscilation (MJO) atau fenomena gelombang atmosfer tropis yang merambat ke arah Timur dari Samudera Hindia sebelah Barat Sumatera yang masuk ke wilayah Indonesia bagian Barat dan Tengah.

    Fenomena MJO memiliki siklus perambatan 30-90 hari, dan dapat bertahan pada suatu fase atau lokasi perambatan yang digambarkan dalam kuadran, sekitar 3â€"10 hari. Saat ini, fase basah atau konvektif MJO terpantau berada di wilayah Indonesia bagian Barat, sehingga memberikan pengaruh dalam meningkatkan suplai uap air yang berkontribusi pada pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia bagian Barat hingga Tengah.

    Kondisi ini juga berkaitan dengan berkembangnya daerah pusaran angin di sekitar wilayah Indonesia yang memicu pemusatan massa udara, daerah belokan dan perlambatan angin, serta jalur pertemuan angin yang dapat memicu pertumbuhan awan yang signifikan

    Sehingga, kondisi tersebut memengaruhi pola cuaca di wilayah Indonesia dan dampaknya terj adi peningkatan potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang antara 25-28 Juni 2018.

    Lihat Juga
    • Jakarta Diprediksi Siang Berawan, Malam Hujan

    • Jakarta Masih Berawan, Waspada Hujan di Siang Hari

    • Jabodetabek Diramalkan Tanpa Hujan Hari Ini

    Ini wilayah yang akan terdampak:

    1. Kepulauan Riau
    2. Riau
    3. Jambi
    4. Sumatera Selatan
    5. Bangka Belitung
    6. Lampung
    7. Banten
    8. DKI Jakarta
    9. Jawa Barat
    10. Jawa Tengah
    11. Jawa Timur
    12. Kalimantan Barat
    13. Kali mantan Tengah
    14. Kalimantan Selatan
    15. Kalimantan Timur
    16. Kalimantan Utara
    17. Sulawesi Utara
    18. Gorontalo
    19. Sulawesi Tengah
    20. Sulawesi Tenggara
    21. Sulawesi Selatan
    22. Maluku
    23. Papua

    Terkait dengan ini, masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

Sumber: Berita Kalimantan Tengah

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »