Arus Balik, Semen Gresik Berangkatkan 500 Pemudik Jateng ke ... | Liputan 24 Kalimantan Tengah
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Arus Balik, Semen Gresik Berangkatkan 500 Pemudik Jateng ke ...

Posted by On 6:50 AM

Arus Balik, Semen Gresik Berangkatkan 500 Pemudik Jateng ke ...

Lebaran 2018

Arus Balik, Semen Gresik Berangkatkan 500 Pemudik Jateng ke Kalimantan Secara Gratis

Arus Balik, Semen Gresik Berangkatkan 500 Pemudik Jateng ke Kalimantan Secara Gratis, berangkat dari Tanjung Emas Semarang

Arus Balik, Semen Gresik Berangkatkan 500 Pemudik Jateng ke Kalimantan Secara Gratistribunjateng/m zainal arifinPeserta mudik balik gratis PT Semen Gresik berebut naik KM Leuser milik PT Pelni dengan tujuan Sampit, Kalimantan Tengah, Senin (25/6/2018).

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sebagian penumpang KM Leuser milik PT Pelni yang diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Sampit dan Kumai, Kalimantan Tengah, merupakan peserta mudik balik gratis yang diselenggarakan PT Semen Gresik.

Mudik balik gratis tersebut disambut antusias para penumpang yang notabene perantau di Kalimantan.

Seorang peserta mudik balik gratis, M Nasir (31), warga Bitaran, RT 3 RW 1, Kelurahan Banjardowo, Kecamatan Genuk, Kota Semarang, mengatakan merasa senang menjadi peserta mudik balik gratis karena bisa menghemat uang yang seharusnya dipakai membeli tiket.

"Mudik balik gratis ini sangat membantu saya jadi uangnya bisa saya sisihkan untuk uang saku. Jadi lebih berhemat," katanya saat mengantre naik ke KM Leuser milik PT Pelni di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Senin (25/6/2018).

Meski harga tiket terbilang terjangkau yaitu sekitar Rp 250 ribu untuk sekali perjalanan menuju Sampit, Kalimantan Tengah, namun uang itu sangat berharga bagi Nasir yang beker ja di PT Sarpatim, pabrik kayu lapis di Tanah Runtu, Sampit, Kalteng.

Nasir yang sudah 6 tahun bekerja di Kalteng itu mengungkapkan, tidak dipungut biaya sepeser pun untuk menjadi peserta mudik balik gratis. Ia hanya diminta menunjukan KTP saja untuk pendataan saat dirinya membeli tiket pada saat mudik.

"Saya langsung diberi tiket untuk balik ke Kalimantan Tengah. Jadi prosesnya mudah dan benar-benar gratis," ujarnya.

Mudik balik gratis tersebut digelar PT Semen Gresik dengan memberangkatkan dan memfasilitasi 500 penumpang rute Semarang-Kumai dan Semarang-Sampit dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Direktur Utama Semen Gresik, Mukhamad Saifudin mengatakan, kegiatan Balik Lebaran Gratis Bersama Semen Gresik ini adalah bagian dari program BUMN Hadir untuk negeri yang secara rutin dilaksanakan setiap tahun dengan tujuan untuk mendukung tradisi tahunan mudik dan balik lebaran masyarakat dan mengurangi angka kecelakaan yang cenderung tinggi untuk ke ndaraan bermotor di jalan raya.

"Selain itu juga untuk meringankan beban masyarakat, karena biaya transportasi adalah salah satu unsur biaya terbesar selain beberapa biaya lain yang harus dikeluarkan masyarakat untuk kegiatan Mudik atau Balik Lebaran tahun ini," katanya.

Pemberangkatan peserta akan dilakukan pada hari yang sama namun dalam waktu yang berbeda. Pemberangkatan pertama sebanyak 250 peserta pada pukul 10.00 WIB dengan rute Semarang-Sampit menggunakan kapal penumpang LEUSER. Sedangkan pemberangkatan kedua juga sebanyak 250 peserta pada pukul 23:59 WIB dengan rute Semarang-Kumai.

Kedua pemberangkatan tersebut akan menempuh perjalanan selama 28-30 jam dan akan bersandar di Pelabuhan Sampit dan Pelabuhan Kumai. Untuk melengkapi perjalanan peserta, Semen Gresik telah menyiapkan goodie bag yang berisi kaos, obat-obatan, snack, dan makan besar selama perjalanan di kapal.

"Untuk melaksanakan kegiatan ini, Semen Gresik telah menyalurkan lebih dari Rp 150 juta," ujarnya.

Ia menambahkan, program mudik balik Lebaran gratis ini menjadi bagian dari Program Mudik Gratis PT Semen Indonesia Group yang mendapatkan kesempatan untuk memberangkatkan 4.500 orang peserta yang terdiri dari 1.000 orang dengan angkutan Bus dan 3.500 melalui kapal laut. (*)

Penulis: m zaenal arifin Editor: iswidodo Sumber: Tribun Jateng Ikuti kami di Salah Pesan Taksi Online, Wanita Diperkosa dan Dibunuh, Mayatnya Disimpan dalam Freezer Sumber: Berita Kalimantan Tengah

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »