Rangkul Warga Selamatkan Bekantan, 28 Maret Sebagai Hari ... | Liputan 24 Kalimantan Tengah
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Rangkul Warga Selamatkan Bekantan, 28 Maret Sebagai Hari ...

Posted by On 6:53 AM

Rangkul Warga Selamatkan Bekantan, 28 Maret Sebagai Hari ...

Menuju 2018

Rangkul Warga Selamatkan Bekantan, 28 Maret Sebagai Hari Bekantan

Rencanya program itu direalisasikan tahun 2018 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

AMELIA REZEKI, Pegiat Komunitas

BANJARMASINPOST.CO.ID - SEPERTI di daerah lain,komunitas di Kalimantan Selatan (Kalsel) kurun waktu tahun 2017 juga terus bertambah. Di antaranya komunitas otomotif, pencinta binatang, maupun yang bergerak di bidang sosial.

Event yang digelar juga tak sekadar bertaraf lokal, tapi hingga level nasional. Kadang juga mengundang tamu dari luar negeri. Misalnya Komunitas Sahabat Bekantan Indonesia (SBI) yang sejak tahun 2013 hingga sekarang membuat program konservasi, di antaranya mengusulkan kawasan TWA Pulau Bakut menja di sanctuary alami Bekantan dan habitatnya.

Rencanya program itu direalisasikan tahun 2018 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Sejak tahun 2014 hingga 2017, SBI telah melaksanakan 32 kali evakuasi Bekantan. Sementara yang sudah dilepasliarkan berjumlah 20 ekor, termasuk yang terkini pelepasliaran Bekantan bersama Dr Siti Nurbaya, menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI di Pulau Bakut Kabupaten Barito Kuala.

Penanganan bekantan yang tertabrak di Tapin.
Penanganan bekantan yang tertabrak di Tapin. (Banjarmasinpost.co.id/Ibrahim Ashabirin)

SBI juga membangun Laboratorium Riset Bekantan sejak tahun 2015, sebagai pusat studi dan penelitian bekantan, hingga tahun 2017 banyak dipergunakan oleh mahasiswa baik dalam negeri maupun luar negeri, dan juga volunteer asing.

Kami juga mendorong pemerintah daerah melakukan up aya perlindungan dan pelestarian Bekantan dan orangutan Kalsel yang kemudian direspons pemerintah daerah dengan pembentukan Tim Konservasi Bekantan dan Orangutan Kalsel tahun 2017.

Kegiatan lain yang dilakukan SBI yakni mulai terbangunnya kepedulian masyarakat Kalsel terhadap upaya pelestarian Bekantan. Ini terlihat kian meningginya partisipasi masyarakat dalam menyelamatkan Bekantan. Lalu, mendorong pemerintah daerah untuk menjadikan tanggal 28 Maret sebagai momentum penetapan maskot Bekantan sebagai hari Bekantan.

Kegiatan ke depan, SBI melakukan peningkatan fasilitas, sarana dan prasana pusat penyelamatan Bekantan, penguatan kelembagaan dan pengembangan sekolah konservasi sebagai pilar pendidikan konservasi sejak dini. (ful)

Editor: Didik Trio Sumber: Banjarmasin Post Edisi Cetak Ikuti kami di Berita Ayu Ting Ting Belanja Habis Puluhan Juta Tapi Tak Bisa Bayar Viral, Begini Kronologinya Sumber: Google New s | Liputan 24 Kuala Kurun

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »